Jika cobaan kita sepanjang suangai.........maka kesabaran kita harus seluas samudra, jika pengurbanan kita seluas bumi....., keikhlasan kita harus seluas angkasa membentang

Selasa, 06 Desember 2011

Dunia Kerja


Bekerja merupakan suatu kebutuhan manusia, dengan bekerja manusia berharap akan dibawa Kepada keadaan yang lebih baik dan memuaskan bagi dirinya. Pekerjaan adalah sumber penghasilan, kesempatan membanggakan diri, serta aktualisasi diri, di samping untuk berbakti sebagai suatu kesempatan hendak nya tidak disia-sia kan dan harus dilaksanakan dengan sebaik – baiknya . bekerja merupakan perwujudan citra manusia dari Tuhan yang di beri kemampuan untuk menguasai alam semesta secara bijaksana dan bertanggung jawab. Karena itu orang yang tidak mau atau malas bekerja adalah orang yang tidak menjunjung martabat diri sendiri sebagai manusia . manusia hanya dapat hidup sebagai pribadi terhormat dan mandiri apabila dapat menghayati diri nya sebagai pribadi yang bertanggung jawab membangun serta memelihara kehidupan yang manusiawi.
Setiap manusia di beri bekal dan kemampuan yang berbeda. Begitu juga dengan pekerjaan , terdapat berbagai macam pekerjaan, yang menyerap waktu, pikiran tenaga. Sebagai imbalannya , orang yang bekerja mempunyai hak balas karya atau penghasilan. Akan tetapi bekerja bukan hanya untuk mencari uang, harta atau kekayaan, melainkan sebagai salah satu perwujudan iman kepada tuhan.

Untuk mendapatkan pekerjaan ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan :

1. Mencari lowongan kerja
Ada beberapa hal yang Harus diperhatikan dalam mencari dan memilih pekerjaan
• Mendafarkan diri ke Departemen Tenaga Kerja/bursa kerja sebagai calon pencari kerja.
• Membaca koran atau majalah yang memuat lowongan kerja
• Melihat informasi lowongan kerja melalaui media elektronik, seperti televisi, internet dan sebagainya.
• Rajin mengunjungi pusat – pusat perkantoran dan pameran bursa kerja.
• Bergaul dan bertanyakepada orang – orang yang sudah kerja.
• Memantapkan rasa percaya diri dan mempromosikan kemampuan yang dimiliki.

2. Mengikuti Tes (seleksi)
Setiap calon tenaga kerja pada umumnya harus mengikuti tes (seleki) terlebih dahulu. Biasanya tes (seleksi) dilaksanakan secara bertahap. Artinya, calon tenaga kerja dapat mengikuti seleksi selanjutnyaapabila telah dinyatakan lulus pada seleksi sebelumnya. Bentuk seleksi tersebut biasanya :
• Seleksi administrasi. Merupakan seleksi bertahap berkas yang dikirim. Kelengkapan berkas persyaratan yang diminta merupakan penentu kelulusan tes ini. Pada umumnya persyartan yang diminta oleh penerima tenaga kerja adalah : surat lamaran, fotocopy ijazah/STTB, fotocopy KTP, Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari polisi, pasfoto ukuran 3x4 atau 4x6, dan Daftar Riwayat Hidup.
• Seleksi akademik. Merupan seleksi yang berhubungan dengan penalaran/ kemampuan belajar. Biasanya tes ini bersifat tertulis. Materi te umumnya dalam bidang Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan pengetahuan umum.
• Psikotest (tes kemampuan secara keseluruhan). Psikotes dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar kesesuaian antara pekerjaan dengan kepribadian pelamar kerja. Biasanya tes ini meliputi tes bakat, minat, kecepatan dan ketelitian kerja, sikap kerja, dan sebagainya.
• Tes wawancara. Setelah mengalami beberapa kali seleksi, pihak pencari tenaga kerja biasanya memanggil para pelamar yang memenuhi kriteria penilaian untuk mengikuti wawancara. Dalam wawancara ini, pihak pencari harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi wawancara. Pelamar harus berusaha meyakinkan pihak pencari tenaga kerja bahwa dia memiliki kriteria yang dibutuhkan serta memiliki dedikasi yang tinggi. Usahakan jangan melebih – lebihkan kemampuan yang dimiliki sehingga tidak sesuai dengan kenyataan, namun jangan sebaliknya malahan menutupi kemampuan yang dimiliki.
• Seleksi kesehatan (tes fisik). Tes fisik dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kesesuaian secara fisik antara pelamar kerja dengan tuntutan pekerjaan. Biasanya tes ini meliputi tes penglihatan, pendengaran, ketahanan fisik dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review